Vespa Batik, Representasi Sempurna Kebanggaan dan Warisan Dua Budaya, Indonesia dan Italia

  • Hadir di Indonesia sejak 1950-an, merek Vespa telah menjadi simbol status otomotif dan gaya hidup selama beberapa dekade, yang terus relevan lintas generasi: di masa lalu, masa kini, dan masa depan.
  • Untuk pertama kalinya dalam sejarah, PT Piaggio Indonesia mempersembahkan sebuah model Vespa yang terinspirasi dari kebanggaan dan budaya Indonesia, Batik.
  • Vespa Batik hadir sebagai selebrasi atas Warisan Budaya Italia dan Gaya Hidup Premium dari merek Vespa, dengan desain batik eksklusif karya Iwan Tirta Private Collection - sebuah rumah desain batik terkemuka dan paling disegani di Tanah Air.

Jakarta, 13 Desember 2022 - Piaggio Group, melalui anak perusahaannya, PT Piaggio Indonesia, membuka Pabrik Piaggio Group perdananya di Indonesia seraya memperkenalkan Vespa Batik untuk pertama kalinya, yang juga produk Vespa pertama yang sepenuhnya terinspirasi oleh negara dan budaya tertentu sebagai persembahan spesial untuk masyarakat Indonesia.

Vespa Batik special edition merupakan wujud kreativitas PT Piaggio Indonesia bersama rumah desain batik premium Iwan Tirta Private Collection, yang mengemban misi mulia untuk melestarikan warisan batik melalui desain batik yang premium dan inovatif. Melalui proyek ini, merek Vespa terus menyelaraskan diri agar relevan dengan pasar lintas generasi.

Desain Vespa Batik Special Edition

Batik sendiri tidak dapat dipungkiri merupakan kebanggaan dan warisan bangsa Indonesia, sebagai sebuah seni dengan teknik pewarnaan malam (lilin) berusia lebih dari seabad, yang diakui oleh UNESCO (United Nations Education, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 2009 sebagai “Budaya Tak Benda Warisan Manusia” asal Indonesia.

Sinergi antara Vespa dan desain Batik menghadirkan Vespa Batik Special Edition yang premium dan unik - perpaduan yang membanggakan dari dua budaya ikonik dan kekayaan warisan asal Indonesia dan Italia, Batik dan Vespa.

Konsep fantastis ini dirancang untuk sepenuhnya merebut hati pasar Indonesia yang mewakili kebanggaan atas negara kepulauan Indonesia, serta sangat relevan bagi para pecinta otomotif, seni, dan gaya hidup premium Tanah Air.

Pola batik disematkan pada Vespa Batik Special Edition merupakan adaptasi dari pola tradisional “Tambal Jagad”. Pola ini memiliki makna filosofis yang mendalam dengan menggambarkan kolase berbagai pola batik tradisional, yang terinspirasi oleh beragam latar belakang dan budaya, mewakili Indonesia sebagai negara kepulauan.

Desain pola yang melekat pada Vespa Batik menampilkan perpaduan 7 pola tradisional yang melambangkan keragaman budaya dari Sabang sampai Merauke, yang mewakili luas wilayah Indonesia dari Barat ke Timur. Adapun, ketujuh motif dan filosofi batik tersebut adalah:

  1. Sokowani – dari area Sumatra: simbol pesona dan kharisma
  2. Megamendung – dari Jawa Barat: simbol kemakmuran dan sumber kehidupan
  3. Kawung – dari Jawa Tengah: simbol kepemimpinan dan kebijaksanaan
  4. Perisai – dari area Kalimantan: simbol perlindungan dan kegigihan
  5. Poleng – dari Bali: simbol keseimbangan hidup
  6. Tenun Ikat Menjangan – dari area Nusa Tenggara: simbol penghormatan kepada leluhur
  7. Ayam Kasuari – dari area Papua: simbol kekuatan dan umur panjang

Lebih lanjut, Vespa Batik Special Edition mengusung pola batik yang dirancang eksklusif untuk mempercantik tampilan skutik Italia ikonik tersebut, yang mencerminkan perpaduan sempurna antara gaya hidup premium dengan kekayaan warisan budaya. Vespa Batik ditawarkan satu set lengkap dengan Genuine Vespa Batik helmet yang eksklusif dan top box Vespa Batik dengan warna dasar Green Relax yang dikagumi oleh semua penggemar Vespa.

Untuk semakin menyemarakkan hadirnya Vespa Batik Special Edition, PT Piaggio Indonesia juga menyiapkan serangkaian kegiatan yang dapat dinikmati oleh para pecinta otomotif, gaya hidup, dan seni. Vespa special edition ini akan dipamerkan di sejumlah dealer resmi untuk merek-merek Piaggio Group di seluruh negeri.

Vespa Batik Special Edition merupakan model yang sangat unik menggabungkan dua kebudayaan yang sarat akan nilai, guna melestarikan warisan dan relevansinya di kalangan pecinta otomotif, seni, dan gaya hidup di Indonesia.

Piaggio Logo
Piaggio Logo

Discover Our Brands:

Piaggio Brand Vespa Brand Aprilia Brand Motoguzzi Brand